RESEP KULINER

ANEKA MASAKAN YUMMY DARI SELURUH DUNIA ADA DISINI

Youghurt Dadih Kuliner Warisan Minangkabau

  chef      
Youghurt Dadih, Kuliner Warisan Minangkabau

Youghurt Dadih, Kuliner Warisan Minangkabau. YOGURT adalah salah satu jenis makanan yang sangat populer akhir-akhir ini karena manfaat kesehatan. Berbagai jenis dapat ditemukan di supermarket, apakah produk lokal atau impor. Yoghurt adalah produk fermentasi dari susu sapi atau kambing, bahkan dari susu kedelai. Beberapa negara telah terkenal persiapan yoghurt, seperti; Dahi dari India, Labneh adalah yoghurt dipadatkan dari Lebanon, yoghurt Bulgaria dengan kadar air sedikit mirip dengan krim keju, Lassi dari India, dalam bentuk minuman, atau dalam bentuk minuman kefir dari Kaukasus, dan banyak lagi.

Dan, tahukah Anda? Di Indonesia , tepatnya di Bukittinggi -Sumatera Barat ada yoghurt yang berasal dari susu fermentasi kerbau. Ini disebut dadih, dan makanan ini telah sekitar untuk waktu yang lama. Dadih adalah susu kerbau yang difermentasi secara alami dalam buluh atau tangkai bambu. Biasanya, fermentasi berlangsung selama setidaknya satu hari penuh. Proses fermentasi ini kemudian menghasilkan semacam lembut bertekstur krim lembut dan memiliki rasa asam. Semakin lama kehidupan fermentasi, dadih yang dihasilkan akan lebih solid dan mengeras.

Yoghurt dadih lezat hanya dapat dihasilkan dari susu kerbau, tidak bisa dari susu sapi atau kambing karena hasilnya akan berbeda. Proses fermentasi berlangsung secara spontan dalam wadah bambu. Hal ini berbeda dari yoghurt pada umumnya yang membutuhkan budaya mikroba tambahan sebagai starter dalam proses fermentasi. Kedua produk yang dihasilkan juga memiliki karakteristik yang berbeda. Jika yoghurt tetap cair tapi sedikit mengental, kepadatan cenderung mengeras.

Cara yang paling populer untuk makan makanan ini adalah untuk melayani dengan chip nasi atau disebut juga Ampeng dadih. Rasa asam dadih dikombinasikan dengan kerenyahan dari chip beras ditambah percikan gula aren adalah kombinasi stabil. Uniknya lagi, dadih juga dapat dimakan sebagai lauk dengan Sambalado (cabai), bawang, dan sirih. Kombinasi ini menghasilkan segar, rasa asam bila dimakan dengan nasi. Fungsi sirih menghilangkan aroma proses fermentasi dihasilkan asam atau ikan. Unik bukan?

Membaca tentang yoghurt dadih sangat penasaran untuk merasakan sendiri bukan? Kemudian datang ke Bukittinggi - Sumatra Barat - Indonesia , Anda akan menyukainya. Simak tulisanya dalam situs berbahasa Inggris di situs visitkhatulistiwa
logoblog

Thanks for reading Youghurt Dadih Kuliner Warisan Minangkabau

Previous
« Prev Post